Pengantar Bisnis bagi Mahasiswa
I. PENDAHULUAN
Kegiatan bisnis dapat
dirasakan oleh semua orang. Setiap hari kita terlibat dalam kegiatan bisnis
seperti : berbelanja di pasar, membaca Koran, menonton televise, menggunakan
angkutan kota, mengendarai motor, membeli makan di warung, membaca buku, ‘searching’
internet, memakai baju, menghubungi teman dengan HP, dan sebagainya.
Berbagai produk kita gunakan
sebagai penunjang kegiatan dan pasti berhubungan dengan bisnis. Misalnya ketika
menggunakan internet, kita berhubungan dengan bisnis warung internet, komputer
atau laptop dan notebook (beragam merek Toshiba, AXIO, Apel, Dell, HP, dll),
USB / eksternal harddisk, provider internet (Telkom Speedy, Telkomsel, Indosat,
Esia, Axis, XL, dll), listrik dari PLN, FB, Twitter, Google, Bank Indonesia,
ATM, dsb. Puluhan bahkan ratusan bisnis terhubung hanya untuk satu aktifitas
menggunakan internet.
II. HAKIKAT BISNIS
Hakikat bisnis adalah usaha
untuk memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas.
Businessman (seorang pebisnis) akan selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat
dan kemudian mencoba untuk melayaninya secara baik sehingga masyarakat menjadi
puas dan senang. Dari kepuasan masyarakat itulah si pebinisnis akan mendapatkan
keuntungan dan pengembangan usahanya.
Melihat asal katanya (bahasa
Inggris) berarti Perusahaan, Urusan atau Usaha. Hugges and Kapoor menyatakan : Business
is the organized effort of individuals to produce and sell for a profit, the
goods and services that satisfy society’s needs. The general term business
refers to all such efforts within a society or within an industry.
Orang
yang berusaha menggunakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam
menjalankan kegiatan bisnis di sebut entrepreneur.
Adakah
bisnis yang tidak bermotif mencari keuntungan ? Kalau diamati ada bisnis yang
bermotif tidak mencari keuntungan seperti sekolah / perguruan tinggi CIC, PDAM,
PLN, Pembuatan SIM/KTP, Puskesmas.RSUD, kebersihan kota, keamanan dan
ketertiban lalu lintas. Walaupun ada pembayaran dari konsumen lebih diarahkan
untuk operasional bisnis tersebut bukan mencari keuntungan bagi pemiliknya.
Hal di atas terkait definisi dari Brown and
Petrello yang menyatakan : Business is an institution which produces goods
and services demanded by people.
Bisnis
dibedakan menjadi 4 macam berdasarkan jenis kegiatannya :
- Bisnis
ekstraktif;
- Bisnis
agraris;
- Bisnis
industry;
- Bisnis jasa;
Dapat
juga berkembang menjadi 9 macam kegiatan, yaitu : usaha pertanian, produksi
bahan mentah, pabrik / manufaktur, konstruksi, usaha perdagangan besar dan
kecil, transportasi dan komunikasi, usaha financial, asuransi, dan real estate,
usaha jasa, dan usaha yang dilakukan oleh pemerintah.l
Bisnis
dibedakan menjadi 4 macam kegunaan :
·
kegunaan
bentuk / form utility;
·
kegunaan
tempat / place utility;
·
kegunaan
waktu / time utility;
·
kegunaan
pemilikan / possession utility.
Daya Tarik Bisnis
Faktor kontinuitas bisnis adalah : (sumber
Buchari Alma : Pengantar Bisnis)
·
Likuiditas,
yaitu kemampuan bisnis membayar utang-utang pada saat jatuh tempo. Likuiditas
juga berarti mampu menjaga kelancaran proses produksi agar suplai hasil
produksi lancer;
·
Solvabilitas,
yaitu berusaha agar modal sendiri / asset bisnis lebih besar dari utangnya;
·
Soliditas,
yaitu kemampuan bisnis untuk memperoleh kepercayaan dari masyarakat.
Kepercayaan meliputi moral pengelola bisnis, tepat dalam berjanji, dan
dipercaya dalam bidang keuangan;
·
Rentabilitas,
yaitu bisnis mampu memperoleh keuntungan yang layak tidak merugi;
·
Crediet
Waardigheid, yaitu bisnis dipercaya sehingga
layak memperoleh kredit / pinjaman.
Sejarah
Perkembangan Bisnis
Sekarang
adalah jaman globalisasi. Dunia semakin transparan dan persaingan bisnis
semakin hebat, baik perusahaan nasional maupun multinasional. Media massa menyatakan ‘perang dagang’ antara Jepang dan Amerika
juga China
dan Amerika. Begitu juga antara Jepang dan Korea di Indonesia dalam memasarkan
mobil dan elektronik. Belum lagi produk China
membanjiri pasar Indonesia .
Sebelumnya tentu kita tahu berbagai produk masuk dan mengusai pasar Indonesia,
seperti restoran siap saji (AW, KFC, McD, Pizza Hut) atau makanan dan minuman
(Cocacola, Nestle, FrisianFlag), elektronik (Sharp, Toshiba, LG, HP,
Blackberry, Nokia, Samsung, Nexian).
Peluang-peluang
dalam Bisnis
Jika anda seorang mahasiswa, kelak
akan terjun ke dunia bisnis maka mulailah menekuninya sejak sekarang. Mulailah
belajar memikul tanggung jawab, latihlah keterampilan dan keahlian anda.
Galilah bermacam pengalaman dari tingkat yang paling sederhana. Semua usaha
tersebut akan menjadikan anda memiliki pondasi yang kuat mencapai tingkat yang
lebih tinggi / professional.
III.
KESIMPULAN
Silahkan ukur diri
sendiri dengan melingkari salah satu angka sesuai kepribadian anda :
Yakin pada diri sendiri, optimis,
kepemimpinan, fleksibilitas, bisa mengelola uang, imajinasi, bisa merencana,
sabar, tegas, semangat, tanggungjawab, kerja keras, dorongan mencapai sesuatu,
integritas, percaya diri, relisme, organisasi, ketepatan, ketenangan,
memperhitungkan resiko, kesehatan fisik, komunikasi dengan orang lain,
kebebasan, bisa bergaul, membuat keputusan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar