1.SKEMA BISNIS
USAHA NASI GORENG :
Dalam
sebuah Proposal usaha makanan, diantaranya Proposal
usaha nasi goreng, proposal makanan tradisional, proposal usaha kue bolu,
contoh proposal usaha donat, proposal usaha burger, proposal usaha donat,
proposal usaha keripik bayam, proposal usaha brownies, proposal usaha martabak,
proposal usaha telur asin dll, keberadaan analisa usaha atau studi
kelayakan usaha mutlak diperlukan, untuk itu dalam contoh proposal usaha ini
juga menampilkan bentuk kongkrit dari studi kelayakan usaha sebuah usaha
makanan.
Dalam
banyak kasus proposal usaha seringkali terjebak kedalam permainan kalimat dan
tidak memperhatikan aspek analisa usaha untuk itu dalam contoh proposal usaha
ini penekannya akan lebih banyak pada analisa kelayakan usahanya. Silahkan
simak contoh proposal usaha berikut ini apabila anda ingin membuat Proposal
usaha nasi goring
A. Pendahuluan
Latar belakang
Pada
saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan
efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka
lebih memilih untuk memesan makanan dari pada membuatnya sendiri dengan alasan
pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal.
Dalam
memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui
adalah peluang pasar dan bagaimana menggaet order, Bagaimana peluang pasar yang
hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order
tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan
kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan
mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah
persiapkan mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa
malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan
lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau
rugi. Semakin besar untungnya maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting
adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal dari pada
gagal mencoba.
A. Aspek manajemen
Bisnis
ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal dan dikelola secara bersama-sama
dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing, misalkan dari 5 orang
3 orang bertugas membuat masakan dan penyajiannya, 2 orang bertugas mencari bahan masakan, mengantar pesanan dan melakukan perekrutan tenaga kerja apabila membutuhkan.
3 orang bertugas membuat masakan dan penyajiannya, 2 orang bertugas mencari bahan masakan, mengantar pesanan dan melakukan perekrutan tenaga kerja apabila membutuhkan.
B. Aspek Pemasaran
·
Target
Pasar Yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu hidup adalah pemasaran,
keuangan dan administrasi. Target pasar adalah seluruh kalangan masyarakat yang
ingin berefisien waktu dan tenaga.
·
Konsep
pemasaran terdiri dari 4 elemen (Price+Place+Promotion). Untuk produk, Anda
mesti mensurvai para pesaing-pesaing Anda. Langkah berikutnya, bertanya kepada
diri kita sendiri untuk maju selangkah lebih maju. Misalnya, dengan melakukan
inovasi. Contoh, bagaimana caranya membuat nasi goreng kita beda dan terlihat
lebih unik serta kalau bisa catering murah.
·
Produk
dan penetapan Harga Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan
membandingkannya dengan strategi harga Anda. Tidak jarang harga kita terlalu
mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Di sini Anda perlu
melakukan percobaan berkali-kali sampai menemukan formula yang pas dan bisa
bersaing dengan hargs murah lainnya.
·
Distribusi
dan Promosi Salah satu cara untuk promosi adalah dengan menawarkan harga miring
untuk setiap menu masakan
C.Aspek Operasional
Masalah-masalah
teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu dipersiapkan rapi. Mulai
menghitung kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki yang menyangkut bidang
pekerjaan itu.
D. Kiat-Kiat
Pengelolaan Usaha
Apa
yang menjadi kunci sukses bisnis? Punya Visi, Rencana Matang, Rencana usaha
diperlukan untuk perlindungan bisnis kita. Kita perlu memiliki wawasan yang
luas, dan tiap masalah minimal telah kita periksa
E. Aspek Keuangan
Pada
aspek keuangan ini yang tentunya modal usaha yang dibutuhkan kita juga harus di
hitung secara matang dan terperinci dengan menganalisa Proyeksi Keuangan 1
bulan, Kas, Perlengkapan, Peralatan, rata2 Pendapatan perhari, Laporan Laba
/Rugi dan biaya2 lain.
2. ALASAN
MANUSIA BELAJAR NISNIS
·
Alasan
kami pribadi yaitu untuk menunjang kebutuhan perkuliahan agar kami lebih
memahami bisnis dalam bidang akuntansi.
·
Orang-orang
belajar bisnis untuk mencari laba atau keuntungan dengan cara berdagang, baik berdagang
barang maupun jasa.
·
Orang-orang
belajar bisnis juga untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang bisnis agar
mereka tidak tertipu dan dapat berkecimpung dalam dunia bisnis.
·
Untuk
memenuhi kebutuhan primer, sekunder, tersier yang hanya bisa di dapatkan dengan
berbisnis.
3. SEJAK KAPAN
BISNIS ITU MUNCUL :
bisnis muncul sejak
adanya perdagangan jual beli barang atau jasa antara pembeli dan penjual yang
bertujuan untuk saling memenuhi kebutuhannya. Jadi bisnis itu muncul sejak
jaman dahulu, bahkan sebelum muncul nya mata uang manusia sudah melakukan
bisnis. Contohnya: pada zaman dahulu banyak orang melakukan jual beli dengan
cara menukarkan barang yang mereka miliki dengan barang yang akan dibeli ( barter
)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar